Anybody is somebody

As anything is something, anywhere is somewhere, anytime is some time, anyway is some way, anyhow is somehow so anyone is someone, anybody is somebody.

Laman

31.1.10

Right Ladder Against The Right Wall


Dalam suatu kesempatan berada di tengah teman-teman saya, remaja masjid, saya lemparkan pertanyaan: "Cara bergerak mana yang membuat kita lebih cepat mencapai tujuan: merangkak, berjalan, atau berlari?" Jawab mereka: "Berlari". Saya bilang bahwa yang lebih cepat mencapai tujuan adalah yang arahnya benar. Mereka protes, itu kan nggak ada dalam pilihan. Memang, saya sengaja, ha ha, karena maksud saya memang menekankan pentingnya mengingat dan memastikan bahwa berbagai aktivitas yang dilakukan itu berada di dalam track mengarah ke tujuan hidup. Walaupun berlari secepat apapun, kalau arahnya salah, dibanding dengan yang bisanya hanya merangkak masih lebih mungkin yang merangkaklah, untuk sampai di tempat tujuan. Al Ashr, mengisyaratkan agar dalam hidup ini kita tidak merugi. Ada satu wiseword: Don't put your ladder against the wrong wall. Sudah mencapai anak tangga puncak dengan susah payah, ternyata mendapati bukan tempat itu yang dimaksud. Rugi waktu dan energi, ya, rugi sumber daya, yang diantaranya unrenewabale, waktu. Apakah yang harus kita lakukan apabila suatu ketika kita menyadari bahwa ternyata jalur perjalanan yang sedang kita jalani, ternyata berada di arah yang salah, tidak mengarah ke tempat yang kita tuju? Merubah tujuan atau kembali ke track yang sesuai, walaupun harus memulai dari start? So, put your ladder against the right wall, bismilLah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar