Anybody is somebody

As anything is something, anywhere is somewhere, anytime is some time, anyway is some way, anyhow is somehow so anyone is someone, anybody is somebody.

Laman

3.2.10

FST (Fundamental Supervisory Training)

Atasan pada lini manapun, tidak terkecuali pada dari layer foreman atau floorshop, adalah ujung tombak di lini depan (front line) organisasi, yang dipercaya untuk merealisasikan rencana produksi dengan mengelola semua sumber daya bahan baku, mesin, waktu, anggaran, dan SDM. Selain keharusan untuk menguasai teknis pekerjaannya, setiap atasan dituntut untuk memiliki kompetensi nonteknis yakni ketrampilan berhubungan antar manusia, maupun intrapersonal, dan menuntut adanya sikap kepemimpinan, kemampuan mengawasi anak buah, mengelola waktu dan kemampuan problem solving yang memadai.

Fundamental Supervisory Training (FST) adalah suatu paket pelatihan dua hari untuk memperkuat sikap dasar kepemimpinan, managerial serta meningkatkan ketrampilan lunak (soft skill) dalam berkomunikasi, menggalang kerjasama team, mengatur waktu dengan berorientasi pada produktivitas. FST dikembangkan berdasarkan berbagai khasanah yang berkembang dari aplikasi ilmu managemen dan pengkajian tentang pengembangan diri yang terus berkembang, seperti Achievement Motivation Training, Pengembangan Kebiasaan Efektif, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Managemen Qalbu, dan lain-lain.

Supervisory Training ini dimaksudkan untuk diberikan pada para atasan pemula, yaitu karyawan2 yang oleh perusahaan mulai atau akan diberikan kepercayaan untuk menjabat sebagai atasan, agar lebih dari sekedar mendayagunakan commonsensenya, juga mempunyai bekal managerial skill dari pendekatan ilmu management yang terus berkembang. Untuk efektifitas pelatihan, jumlah peserta dalam satu Batch Pelatihan maximum adalah 20 orang.

Metode dan Materi FST: experiental learning dengan games, role playing dan workshop dengan kajian teori tentang Kepengawasan (Supervisory), Kepemimpinan (Leadership), Interaksi Interpersonal dalam Pekerjaan; Coaching & Counseling untuk pembinaan bawahan, Kerjasama Team, Manajemen Waktu, Problem Solving; Pengenalan SWOT diri, Komitmen Diri sebagai seorang atasan.

Video di bawah ini adalah contoh role playing tentang bagaimana menangani complain bawahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar