Anybody is somebody

As anything is something, anywhere is somewhere, anytime is some time, anyway is some way, anyhow is somehow so anyone is someone, anybody is somebody.

Laman

8.3.11

CSPM - Choleric-Sanguinic-Phlegmatic-Melancholic

Hipokrates (500SM) - filosof Yunani yang kemudian dikenal sebagai Bapak Ilmu Kedokteran, menjelaskan bahwa dominasi cairan tubuh seseorang akan berpengaruh jenis temperamen dan muncul dalam bentuk gaya perilaku setiap orang yang berbeda dan khas.

Empat macam temperamen tersebut adalah

Choleric 
Sanguinic
Phlegmatic, dan 
Melancholic 
(CSPM).

Choleric : Panas: mudah marah, blak-blakan, gagah berani, tegas-lugas, langsung,  pengin merubah keadaan, pengin selalu menang, memaksakan kehendak, suka mengambil peran, pokoknya hasilnya dan maunya cepat, agresif,penuh tekad, tak kenal lelah. 

Sanguinic : basah: akrab, optimis, hangat dalam berteman, banyak bicara, supel, pandai mempengaruhi, menarik, ramah, mempesona, terbuka, periang, membangkitkan suasana, meyakinkan, percaya diri, positif thinking. 

Phlegmatic : dingin,sabar, diplomatis, tenang terkendali,banyak pertimbangan, mengutamakan keharmonisan, menghindari konflik, menjalankan apa yang sudah berjalan.  

Melancholic:  kering, sensibel, teliti, cermat, seksama, perasa, bersahaja, rendah hati, introspeksi, merasa berkewajiban, hati-hati,  mudah bersepakat, menerima ide baru, disiplin, taat peraturan.

Di dalam diri setiap orang ada unsur  dan naturally ada dominasi dari unsur2 C, P, maupun  S dan M tersebut. Dari kombinasi dominasi antara C atau P dan S atau M, maka ada empat macam tipe orang: CS, CM, PS, dan PM.


Kombinasi:

CS  (Panas-Basah): Mengedepankan power dan pintar mempengaruhi orang lain;

CM (Panas-Kering): Mengandalkan power dan mementingkan hasil. Target oriented. Membakar dan Mudah terbakar. pekerja keras, tega demi tercapainya tujuan;

PS (Dingin Basah): Sabar terkendali, sulit terbakar, mengutamakan keharmonisan, pertemanan, pintar menghibur, membuat orang lain senang dan tenang.

PM (Dingin kering): Dingin Kering: Tidak bisa marah, namun terbakar didalam.

Hubungannya dengan Peran (Role)

Setiap orang mempunyai banyak peran, misalnya di tempat kerja sebagai manager, di rumah sebagai ayah, di masyarakat: sebagai ketua RT. Setiap peran  yang berbeda-beda tersebut memerlukan gaya perilaku yang berbeda. Misalnya sebagai manager di tempat kerja, adalah penting untuk bisa bertindak tegas, lugas karena harus memimpin, mengatur, dan mencapai target2, sehingga oleh karenanya harus Target Oriented (CM). Sementara sebagai seorang ayah, walaupun kadang2 harus tegas dan lugas, namun  harus lebih banyak menonjolkan kesabaran dan agar dekat dengan anak2nya harus  hangat (PS).

Di dalam suatu organisasi, termasuk Perusahaan, terdapat berbagai macam jenis pekerjaan yang sifat nya berbeda-beda. Agar efektif, untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut juga  pada dasarnya  diperlukan tipe pribadi yang berbeda pula. Misalnya seorang yang ditugasi untuk menjual produk (sales)adalah seseorang yang pandai bukan hanya mempengaruhi tapi juga tega memaksa (CS).

Selain itu, organisasi pada dasarnya adalah sebuah teamwork yang agar kuat diperlukan berbagai tipe pribadi. Dalam hubungannya dengan CSPM, sebuah team memerlukan  adanya ke-empat macam orang yang berbeda tersebut untuk saling mengisi. Maka mengetahui tipe setiap anggota team, apakah CS, CM, PS, atau PM dalam sebuah organisasi,maka akan  memudahkan  pula  bagi suatu team menjalani siklus dinamika  team, yaitu: forming - storming - norming -  performing. 

Untuk mengetahui tipe-tipe tersebut, dapat dilakukan dengan asesmen dengan alat Kuesioner Gaya Perilaku CSPM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar