Anybody is somebody

As anything is something, anywhere is somewhere, anytime is some time, anyway is some way, anyhow is somehow so anyone is someone, anybody is somebody.

Laman

11.2.10

Hipnosis

Secara sederhana hipnosis terjadi dengan tahap2: pikiran bawah sadar terakses - akses semakin dalam - sugesti masuk - kembali ke pikiran sadar dengan kondisi baru.

Antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar ada selaput yang membuka dan menutup, yaitu selaput yang disebut RAS (Recticular Activating System). RAS ini terbuka lebar saat kondisi kita relaks, santai, dan fokus pada satu hal tertentu saja. Kondisi tersebut terjadi ketika gelombang otak alfa, yaitu Rotation Per Secondnya rendah. Misalnya saat mengantuk mau tidur, atau masih mengantuk ketika bangun tidur, atau sengaja dialfakan yang disebut dengan prosedur relaksasi, yaitu dengan cara bernafas tertentu, mengistirahatkan kerja otak sadar. 

Cara mengakses pikiran bawah sadar adalah dengan membuka RAS. RAS seseorang terbuka paling lebar dalam keadaan tidur. Tetapi dalam keadaan tidur (gelombang otak Delta atau Theta) panca indera tidak bekerja, sedangkan panca indera itu diperlukan untuk memasukkan sugesti. Panca Indera - yang berupa VAKOG - tetap bekerja adalah salah satu syarat lain untuk terjadinya hipnosis. VAKOG = Visual~Auditory~ Kinestetik~ Olvactory~ Gustactory.

Terbukanya RAS bisa juga terjadi dalam waktu sangat singkat. Misalnya ketika seseorang terkejut, misalnya karena ditepuk bahunya tiba2 oleh seseorang dari belakang, atau ketika kesakitan,pada waktu seseorang mengalami puncak kenikmatan orgasme. Saat2 singkat seperti itu efektif untuk dimasukkannya sugesti.

Pikiran bawah sadar berisi memori ibarat hard disk. Memori baru yang diperlukan bisa diinstall. Susunannya bisa didefragment, sampah2 memori bisa diclean up.

Bagaimana caranya memanfaatkan pikiran bawah sadar, untuk diri sendiri maupun orang lain? jawaban singkatnya: adalah rileks, santai, istirahatkan pikiran sadar, biarkan pikiran bekerja sendiri.

Tanpa kita sendiri maui pikiran bawah sadar selalu aktif, dan akan bekerja sendiri manakala diperlukan, berhubungan dengan situasi yang kita hadapi. Jadi, pertanyaanya bukan "bagaimana caranya mengaktifkannya" melainkan bagaimana caranya mengaksesnya, mengeluarkan materi2 pikiran yang tidak diperlukan, dan memasukkan materi2 pikiran baru berupa sugesti yang bakal menjadi penggerak otomatis kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar