Anybody is somebody

As anything is something, anywhere is somewhere, anytime is some time, anyway is some way, anyhow is somehow so anyone is someone, anybody is somebody.

Laman

3.2.10

Training For Internal Trainer

Perusahaan pada umumnya memberikan kesempatan kepada semua karyawan, bukan saja dari bagian HRD, namun juga dari bagian-bagian lain, untuk, selain melaksanakan main job-nya, juga menjadi seorang trainer, yakni memberikan training untuk bawahannya sendiri maupun untuk memberikan materi dalam in house training untuk karyawan dari bagian2 lain.

Kemampuan memberikan training, bagi seseorang karyawan, akan merupakan nilai tambah yang menunjang karir dan kesempatannya untuk memberikan kontribusi yang lebih optimal pada Perusahaan.

Seseorang karyawan mungkin kompeten dalam suatu bidang, dan dengan demikian diharapkan dapat menularkan kompetensinya tersebut dengan mengajarkannya kepada karyawan lain. Namun, mengajar ternyata belum tentu merupakan hal yang selalu dirasa mudah bagi setiap orang. Agar lebih efektif, selain mengandalkan commonsense, diperlukan knowledge dan skill yang memadai mengenai cara mengajar. Selanjutnya, seiring dengan jam terbang praktek mengajar dan menghadapi setiap tantangan dalam berbagai bentuknya, seseorang akan lebih dapat diharapkan mengembangkan kompetensinya sebagai trainer.

Training For The Trainer (TFT), adalah pelatihan sehari yang dimaksud untuk membekali dasar2 pengembangan kompetensi sebagai trainer, untuk siapapun yang salah satu tugasnya, baik sebagai main job maupun other job-nya, adalah memberikan training (instructing). TFT dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas instructing, yakni dengan mengajak peserta memahami rahasia bagaimana proses belajar yang efektif terjadi pada peserta pelatihan, memahami gaya diri sebagai trainer, mengidentifikasi tipe2 gaya belajar peserta, pemanfaatan kaidah2 “how our brain works”, penerapan experiental learning, dan lain-lain hal yang harus diperhatikan oleh seorang trainer.

Materi: Mengolah Kompetensi Diri Sebagai Trainer; Kajian Ringkas Teori Psikologi tentang Belajar; Memahami Konsep Andragogi (Pendidikan untuk orang dewasa); Penerapan Andragogi (Falsafah Pendidikan Orang Dewasa) dalam training; Strategi Mencapai Target Training: Designing, Syllabus; Menentukan metode, Media, game dan alat2; Mengenali Gaya Effektif Mengajar Diri; Matching Gaya Mengajar Diri dan gaya belajar peserta.

Pendidikan mestinya BUKAN berpusat pengajar dan kegiatan mengajar, melainkan seharusnya berpusat pada pembelajar dan proses belajar. Akar kata "Education" adalah "duca" (Perancis), yang artinya "to pull". Dalam TFT ini penyampaian materi2 juga diberikan secara andragogis. Penekanan bukan pada kegiatan mengajar, namun pada aktivitas belajar. Mitra belajar bukan bertindak sebagai layaknya seorang guru yang menggurui, namun sebagai pendamping, yang memandu, menuntun peserta menemukan sendiri kesimpulan belajarnya. Fasilitator, informator, dan motivator. Selain itu peserta akan menjalani proses belajar yang mengalir, bukan hanya learning dan inspiring, namun sekaligus juga entertaining, dengan demikian berkesempatan melihat dan mengalami sendiri, dan membedah sendiri tentang bagaimana suatu proses perobahan peningkatan kompetensi terjadi melalui training.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar